Saturday 11 November 2023

Perangkap Tanpa Pikat

Sumber : alkitab.mobi

 



RENUNGAN HARIAN
Bacaan : Daniel 5:31 - 6:11
Setahun : RH Elektronik

Perangkap Tanpa Pikat
TB: (6-1) Darius, orang Media, menerima pemerintahan ketika ia berumur enam puluh dua tahun. | Daniel 5:31 (TB)



Bermain dengan cicak yang bertengger di dinding rumah jadi hiburan masa kecil dulu. Dengan menempelkan sebutir nasi pada lidi, cicak bisa dipikat untuk bergerak ke mana kita mau.

Jatuhnya Kerajaan Babel di tangan Kerajaan Persia menempatkan Darius, orang Media, sebagai pemegang tampuk kekuasaan Babel (1). Ia membagi administrasi pemerintahan dalam berbagai jenjang, di bawah kendali tiga pejabat tinggi-salah satunya adalah Daniel (2-3).

Ketegangan dimulai ketika Darius ingin menjadikan Daniel sebagai orang kedua dalam pemerintahan (4). Niat ini menimbulkan iri hati para pejabat tinggi dan para wakil raja, sehingga mereka berikhtiar untuk mencari kelemahan Daniel. Lalu, mereka mendapatkannya, yaitu iman dan kesalehan Daniel kepada Allahnya (5-6).

Darius diminta untuk mengeluarkan larangan bahwa semua orang tidak boleh mengajukan permohonan kepada siapa pun selain raja (7-10). Mereka segera memantau kehidupan doa Daniel dan mereka mendapati bahwa Daniel tetap menjalankan kehidupan iman dan kesalehannya (11-12). Maklumat yang dikeluarkan oleh Darius jelas menjadi perangkap tanpa pikat untuk menjebak Daniel sekaligus Darius. Tidak ada solusi lain kecuali Daniel harus dilempar ke dalam gua singa sesuai dengan sanksi peraturan yang telah dibuat.

Adakah cara untuk keluar dari keadaan itu? Agaknya semua jalan sudah tertutup. Namun, justru dari situasi inilah pembaca diajak untuk merenungkan tindakan Daniel.

Pertama, ia mengerjakan tanggung jawab yang dipercayakan kepadanya dengan sebaik mungkin. Kedua, ia menjaga kehidupannya sedemikian rupa hingga tidak ada cacat atau keluhan yang dapat didakwakan kepadanya. Ketiga, sekalipun ia tahu tentang maklumat Darius, ia tetap menjalankan apa yang perlu dikerjakannya sebagai bagian dari kehidupan iman dan kesalehannya kepada Tuhan.

Tuhan yang membawa Daniel ke Babel dan memeliharanya di sana adalah Tuhan yang berkuasa atas kehidupan. Adakah kita beriman kepada-Nya? [IBS]

Daniel 5:31 - 6:11

Dalam menjalankan pemerintahannya, Darius sebagai pemimpin yang baru membutuhkan orang-orang yang berdedikasi tinggi untuk membantunya mengurus kerajaan, khususnya yang berhubungan dengan penghasilan/pajak agar raja tidak dirugikan.

Daniel terpilih sebagai satu dari tiga orang yang diangkat oleh raja untuk menjadi pejabat tinggi yang bertanggung jawab langsung kepada raja. Dedikasi Daniel kali ini diuji, bukan kepada raja Babel, tetapi kepada Raja di atas segala raja, yaitu Allah Israel.


No comments:

Post a Comment