Saturday 29 June 2024

Jangan Pendek Pikiran

Sumber : alkitab.mobi



RENUNGAN HARIAN
Bacaan : Kejadian 25:19-34
Setahun : Mazmur 80-85

Jangan Pendek Pikiran
TB: Inilah riwayat keturunan Ishak, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak. | Kejadian 25:19 (TB)



Kedua anak Ishak, yaitu Esau dan Yakub, memang berbeda sejak di dalam kandungan. Esau bertumbuh menjadi seorang yang pandai berburu dan suka tinggal di padang. Sedangkan, Yakub bertumbuh menjadi seorang yang tenang pembawaannya dan suka tinggal di kemah.

Pada suatu kali ada hal tragis yang terjadi di antara mereka. Esau menjual hak kesulungannya kepada Yakub! Ia menjual warisan terbanyak yang semestinya ia peroleh, privilege yang hanya bisa dimiliki oleh anak sulung.

Sayang seribu sayang, itu semua terjadi hanya karena pikiran pendek di benak Esau, yaitu keinginan untuk makan makanan lezat yang sedang dimasak oleh Yakub (30). Nafsu telah menjadikan Esau buta, lupa diri, bahkan menukarkan hak kesulungan yang adalah harta paling berharga dalam hidupnya. Sungguh ironi! Hanya karena keinginan yang tidak bisa dikendalikan, hal berharga dan terpenting dalam hidup bisa lepas begitu saja.

Diceritakan bahwa nafsu Esau tersebut terjadi karena ia berada dalam kondisi lelah, bahkan sangat lelah (29, 32). Mungkin kondisi itulah yang menyebabkan Esau berpikir pendek dan tidak memikirkan konsekuensi dari apa yang ia katakan. Belajar dari kisah itu, kita disadarkan bahwa kondisi lelah (krisis keuangan, pertikaian, sakit) sering membuat kita berpikir pendek, tanpa menimbang konsekuensi dari apa yang kita ucapkan.

Saat ini kita bersyukur karena kita diingatkan. Kita mesti selalu ingat agar tidak sekali-kali menukarkan hal yang paling berharga dalam hidup dengan sesuatu yang remeh-temeh, apa pun kondisi kita.

Jangan anggap enteng apa yang berharga, seperti Esau. Kita mesti memegang teguh iman dan keselamatan yang Tuhan telah anugerahkan kepada kita. Jangan kita tukar itu dengan apa pun, hanya karena hal yang menggiurkan: harta, jabatan, atau hal lain yang tampaknya sangat menarik. Itu semua pasti akan lenyap dan kita tinggalkan tatkala kita mati. Namun, keselamatan dalam Kristus adalah kekal, sangat kita butuhkan baik di dalam hidup sekarang maupun hidup kekal nanti. [MTH]

Kejadian 25:19-34

Setiap anak Tuhan dapat mengaku bahwa ia akan menjadi orang Kristen yang taat dan setia, apa pun rintangan dan godaan yang datang. Nyatanya, semangkuk sup cukup untuk menyebabkan seseorang kehilangan berkat Tuhan yang besar.

Ada banyak hal kecil yang bisa dianggap sepele, padahal itulah yang membawa kita kepada akhir yang tidak membahagiakan. Di tengah keluarga yang tampaknya diberkati, bisa jadi ada sikap buruk yang bertumbuh, dan kelak membuahkan murka dan dendam.


 

No comments:

Post a Comment